Muda Mahendrawan, Bupati Kubu Raya, Notaris, Tokoh Pemekaran Kabupaten Kubu Raya, Independen
Berfikir, berimajinasi, bergerak, fokus dan masif Mengejar Kebahagiaan Orang Banyak
+6281234567890

Terapkan Tukin ASN di Kubu Raya Berpacu Tingkatkan Kinerja

Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan kreativitas kinerja bagi setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar), Pemda setempat menerapkan Tunjangan berbasis Kinerja (Tukin).

Tentunya penerapan Tukin ini menjadi program pertama yang dilaksanakan di Kalbar, karena Tukin sendiri baru diterapkan di Kubu Raya pada tahun ini.

Bupati Kubu Raya mengatakan, diberlakukannya Tukin bagi setiap ASN di daerah ini sebagai langkah percepatan pembangunan di semua sekor. Sehingga masing-masing ASN bisa berpacu untuk melakukan kinerja yang dapat menghasilkan percepatan pelayanan kepada masyarakat.

"Beberapa waktu lalu kita sudah membuat semua instrumen melalui Peraturan Bupati Nomor 56 Tahun 2019 tentang Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang kita buat sejak September 2019 lalu dan sudah diujicobakan pada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang mana Perbup yang dibuat sudah diatur tentang jumlah besaran tunjangan dan sistematika perhitungannya. Karena ini sudah matang persiapannya, akan kita terapkan pada tahun 2020 ini," ungkap Bupati Kubu Raya, H. Muda Mahendrawan, S.H saat di temui RRI di kediamannya Jalan Tanjungsari nomor 169 Kecamatan Pontianak Tenggara Kota Pontianak, Kamis (02/01/2020).

Bupati menuturkan, memasuki tahun 2020 ini pihaknya akan memaknai dengan melakukan berbagai gebrakan untuk meningkatkan dan percepatan layanan kepada masyarakat.

"Kita sudah melakukan berbagai persiapan untuk memasuki tahun 2020 ini. Sejumlah program pun sudah kita rancang dan akan kita realisasikan, satu diantaranya adalah Tunjangan Kinerja untuk pegawai," tuturnya.

Orang nomor satu di Kubu Raya ini menegaskan, yang paling penting dilakukan oleh pemerintah saat ini adalah bagaimana menyukseskan setiap program yang telah disusun pada Anggaran Percepatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 ini.

"Untuk menyukseskan setiap program yang ada agar hasilnya bisa terukur dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, salah satu instrumen untuk mendukung hal itu adalah SDM yang menjalankannya," paparnya.

Bupati Kubu Raya pertama priode 2009-2014 ini menambahkan, untuk mengukur kinerja tersebut pihaknya akan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan (Simral). Yang mana dengan aplikasi ini pihaknya akan berupaya semua perencanaan dan penganggaran bisa lebih terukur dan capaiannya lebih maksimal.

"Tukin ini akan memberikan kesempatan kepada para pegawai untuk berpacu meningkatkan kinerjanya. Karena semakin besar beban kinerja pegawai dan banyak program yang mereka buat maka akan semakin besar tunjangan yang mereka dapat," kata Muda.

Sebaliknya, jika pegawai yang ada hanya bekerja sesuai dengan tupoksi yang dia dapat, maka tunjangan tersebut juga tidak ada. Sehingga dengan adanya Tukin tersebut, setiap pegawai akan berlomba-lomba untuk melakukan berbagai terobosan dan inovasi dalam menjalankan program pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.

Tidak tanggung-tanggung, sebagai awal menerapkan Tukin ini, Pemkab Kubu Raya menyiapkan anggaran hingga Rp.70 miliar semuanya sudah termasuk Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) guru dan tenaga kesehatan.

"Memang anggaran yang kita siapkan cukup besar, namun efek dari itu, pegawai akan semakin giat bekerja dan secara otomatis, layanan kepada masyarakat akan bisa lebih cepat dan manfaatnya akan dirasakan masyarakat sendiri," tuturnya.

Bupati Muda mencontohkan, pada proses perizinan, jika selama ini ada pegawai yang melayani perizinan dengan mengerjakannya dalam waktu dua atau tiga hari, dengan adanya Tukin ini, maka pegawai tersebut akan bekerja lebih cepat, karena jika mereka mampu mengejar target dengan cepat, maka mereka akan mendapatkan tunjangan dari kinerjanya.

"Jadi ini akan menjadi spirit baru bagi pegawai di Kubu Raya untuk bekerja lebih maksimal. Dengan demikian kita harapkan, Kubu Raya bisa semakin menanjak dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat," pungkasnya.

Read more at: http://rri.co.id/pontianak/post/berita/765954/sosial/terapkan_tukin_asn_di_kubu_raya_berpacu_tingkatkan_kinerja.html